Doa Iftitah Latin Beserta Artinya NU dan Muhammadiyah Lengkap

Doa Iftitah – Hai. Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh. Bertemu lagi dengan saya di doaseharihari, yang merupakan sebuah website yang berisi tentang pembahasan tentang berbagai doa yang akan selalu kita baca dalam kegiatan sehari-hari. Doa sendiri dapat diartikan sebagai sebuah yang ditujukan kepada Allah SWT yang kita sertai dengan penuh rendah hati agar kita dapat mendapat kebaikan dan juga kemaslahatan yang berada pada sisi-Nya. Dan dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang doa Iftitah, baik itu dari bacaannya baik yang bertuliskan arab maupun yang latin, dan juga bacaan doa iftitah NU dan Muhammadiyah beserta artinya dan tidak saya lupakan yaitu tentang penjelasan, makna, keutamaan, serta aturan pembacaannya.

Beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan terkait Doa Iftitah : Apakah sholat sunnah pakai doa iftitah? Apakah sholat sunnah membaca doa iftitah? Apakah sholat tahajud memakai doa iftitah? Sebelum panjang lebar, alangkah baiknya anda baca dulu manfaat, keutamaan dan lainnya dibawah ini.

Doa Iftitah NU Arab, Latin dan Artinya

Gambar Doa Iftitah NU

Doa Iftitah Muhammadiyah Arab, Latin dan Artinya

Gambar Doa Iftitah Muhammadiyah

Doa Iftitah Pendek Riwayat Muslim

Gambar Doa Iftitah Pendek Riwayat Muslim

Penjelasan Doa Iftitah

Do’a iftitah sendiri merupakan doa yang dibaca dalam salah satu gerakan shalat, yaitu setelah takbiratul ikhram dan hanya dibaca di rakaat pertama saja. Didalam prakteknya sendiri pembacaan orang ini berbeda-beda yang telah dijelaskan dalam hadist. Akan tetapi dalam hal ini rtidak kan menjadi suatu pertentangan, karena telah dijelaskan di dalam hadist nabi itu sendiri. Ada kelompok yang membaca “Allahu akbar Kabiira…” seperti halnya kelompok NU, ada juga yang membaca “Allahumma baa’id…” seperti halnyaMuhammadiyah.

Makna Doa Iftitah

Do’a Iftitah ini sendiri bermakna tentang ungkapan dari seorang hamba yang mendambakan bertemu dengan Tuhannya, kalau kita tilik lebih dalam ini lebih terasa seperti sebuah ungkapan hati  yang berasal dari soul atau jiwa yang paling dalam sekali dari seorang hamba, ini diawali dari bacaan takbir, lalu tehmid, setelah itu tasbih dan jangan lupa ilanjutkan dengan wajjahtu wajhiya atau yang dapat diartikan aku menghadapkan wajahku.

Gambar Saat Membaca Doa Iftitah

Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Membaca iftitah memiliki beberapa keutamaan yang sangat berarti untuk umat seperti kita ini, antara lainseperti yang ada dibawah ini:

1.Kita bisa mendapatkan amalan sunnah

Ini bisa terjadi karena do’a iftitah sendiri merupakan yang ada didalam shalat, baik itu yang dikerjaan saat shalat wajib, maupun shalat sunnah. Apabila kita membacanya maka kita akan mendapat pahala yang termasuk didalam amalan sunnah.

2. Sebagai bentuk pendekatan diri pada Allah SWT

Doa iftitaf bisa sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah karena didalam isinya sendiri terdapat permohonan ampun dari seorang hamba kepada Tuhannya, dan meminta untuk diberi petunjuk dan juga keselamatan kepada Allah SWT.

3. Akan diangkat doanya oleh malaikat

Hal ini sendiri sebenarnya sudah dijelaskan didalam hadist. Yaitu hadist shahih Anas bin Malik RA, yang didalamnya berisi ketika ada seseorang muslim yang membaca doa ini saat sedang shalat, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Aku melihat 12 malaikat yang bersegera menuju kepadanya (seseorang muslim yang membaca do’a iftitah), dan para malaikat itu saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah SWT(Hadist riwayat Muslim, No.1385)”

4. Akan dibukakan pintu langit

Keutamaan do’a iftitah yang selanjutnya adalah apabila kita membaca do’a iftitah kita dapat dibukakan pintu langit-langit. Ini juga sudah dijelaskan di dalam hadist.

Aturan Dalam Membaca Doa Iftitah

Dalam membaca do’a iftitah ini tentu terdapat aturan yang harus kita jalankan, antara lain sebagai berikut.

  1. Pertama kita sangat disunahkan untuk menggabungkan beberapa doa iftitah, terutama saat kita sedang shalat sendiri.
  2. Saat kita menjadi Imam, kita harus memperhatikan makmumnya apakah ada yang merupakan orang tua, lemah ataupun orang yang sedang sakit, maka dalam kondisi ini lebih disarankan untuk membaca doa iftitah yang lebih pendek dibanding yang panjang.
  3. Apabila posisi Imam masbuk dan diwaktu itu masih memungkinkan untuk dibacanya doa iftitah, maka dianjurkan untuk tetap membacanya, tentunya lebih dianjurkan lagi untuk memilih bacaan yang lebih pendek.
  4. Apabila posisi makmum masbuk dan imam telah ruku, sujud, ataupun sedang duduk kit lebih dianjurkan untuk mengikuti gerakan shalat imamnya saja tanpa harusmembaca doa iftitah tentunya.
  5. Hukum membacanya itu adalah sunnah.
  6. Doa iftitah lebih baik apabila dibaca secara sirr atau lirih.

Doa Iftitah MP3

Sekarang ini jaman sudah canggih dengan berbagai teknologi, seperti contohnya jika anda ingin menghafal doa iftitah sekarang bisa menggunakan Ponsel atau alat perekam lainnya. Jika anda mempunyai ponsel, bisa mendownloadnya dalam bentuk file MP3 yang bisa anda unduh sesuai ajaran baik itu NU atau Muhammadiyah.

Link Nu

Link Muhammadiyah

Video Doa Iftitah

Jika anda kalau ingin membaca tulisan terkadang malas atau kurang jelas, anda bisa menonton dalam bentuk video dibawah ini denga tata cara panduan yang baik dan benar menurut sunnah rasul atau hadits shahih.

Kesimpulan

Setelah pembahasan yang telah saya jelaskan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa doa bacaan iftitah dibaca setelah takbiratu ikhram pada saat rakaat yang pertama. Doa ini sendiri lebih dianjurkan untuk digabungkan menjadi satu saat kita shalatnya sedang sendirian saja dan harus membaca secara singkat saja saat kita menjadi imam, karena biasanya ada makmum yang berusia tua yang tentunya sudah sedikit lemah dan tidak bisa lama-lama. Bisa juga anda baca ketika sedang menunaikan sholat Tahajud ketika malam hari. Itu adalah salah satu kesimpulan saja, anda bisa menyimpulkan sendiri tentang do’a iftitah ini karena telah membaca tulisan diatas.

Itulah beberapa pembahasan saya mengenai tentang do’a Iftitah, baik itu dari bacaannya baik yang bertuliskan arab maupun yang latin, dan juga bacaan do’a iftitah NU dan Muhammadiyah beserta artinya dan tidak saya lupakan yaitu tentang penjelasan, makna, keutamaan, serta aturan pembacaannya. Semoga dapat menambah wawasan anda dan dapat membantu anda untuk mengenal lebih dalam tentang do’a iftitah. Jangan lupa untuk mampir lagi disini. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

Tags: