Kumpulan Bacaan Doa Ketika Hujan Deras Atau Lebat Dan Petir Mustajab Terlengkap

Doa Ketika Hujan – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hai kembali lagi di doaseharihari yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam doa yang sering kita baca dalam kehidupan sehari -hari dan dalam berbagai keadaan tertentu. Dan dalam kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai doa ketika hujan, doa turun hujan, doa ketika hujan turun, doa ketika hujan lebat, doa ketika hujan deras dan doa ketika hujan dan petir.

Banyak juga pencarian yang orang lakukan mengenai doa ketika hujan mustajab doa ketika hujan reda, doa ketika hujan deras dan angin kencang, waktu mustajab berdoa ketika hujan, doa ketika hujan deras, doa ketika ada petir, doa ketika hujan angin dan petir.

doa ketika hujan turun
Sumber : https://thegorbalsla.com/

Hujan adalah salah satu karunia yang telah di berika oleh Allah SWT kepada umat-Nya. Akan tetapi situasi semacam ini seringkali membuat lingkungan terlihat menjadi gelap dan terkadang juga di barengi adanya bunyi petir, kilat, atau angin. Dan karena di barengi dengan hal semacam ini, tentunya menjadi kegelisahan tersendiri bagi semua mahluk hidup, terutama manusia. Maka dari itu kadang kali manusia akan mengaluh ketika hujan turun.

Padahal tentunya hujan ini adalah sebuah karunia dan sumber kehidupan, yaitu hujan dapat untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi semua mahluk hidup yang ada di bumi. Semua makluk hidup di bumi ini tentunya memerlukan air sebagai kebutuhan utamanya untuk mempertahankan kehidupannya. Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW selalu meminta umatnya agar bersyukur mengenai hujan.

Anjuran Membaca Doa Ketika Hujan

Hujan sendiri memiliki arti secara ilmiah, jatuhnya titik air hujan berasal dari kumpulan titik-titik awan yang sedang mengalami peningkatan kejenuhan secara maksimal. Salah satu sikulus air yang ada di bumi inilah yang di namakan hujan, dimana air laut menjadi menguap ke awan setelah itu tertiup angin sampai menuju ke wilayah tertentu.

Awan itu lalu selanjutnya berkumpuldan bertambah dengan awan yang berada di sekitarnya. Setelah itu awan-awan tersebut akan mencapai titik jenuhnya, maka awan yang isinya titik-titik hujsn ini sksn secara bergantian jatuh dan inilah terjadinya hujan. Setelah itu hujan akan menuju ke permukaan bumi untuk di serap dan di proses lagi sampai menuju ke laut.

Doa hujan ini adalah doa yang sangat di anjurkan untuk di baca saat hujan sedang turun. Doa ini juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rezeki berupa hujan dan sebagai permohonan agar hujan yang telah turun ini menjadi berkah. Aisyah ra pernah menyampaikan sabda dari Rasulullah SAW sebagai berikut ini:

anjuran membaca doa ketika hujan

Ibnu bathol juga mengatakan bahwa hadits itu tentunya berisi mengenai anjran agar membaca doa ketika hujan turun, agar hujan ini dapat menjadi sebuah keberkahan tersendiri, selain itu juga agar menjadi manfaat yang banyak bagi semua orang.

Doa Ketika Hujan Turun Bahasa Arab Dan Artinya

Di bawah ini adalah bacaan doa yang sesuai dengan hadits Nabi yang sangat di anjurkan untuk di baca saat hujan turun:

Doa Ketika Hujan Turun Bahasa Arab Dan Artinya

Doa Ketika Hujan Deras

Terkadang hujan yang turun ini tak hanya berupa air hujan semata, tetapi juga di barengi dengan keluarnya angin, kilat atau petir. Dengan adanya hal semacam ini akan membuat semua orang menjadi panik. Rasa panik ini tentunya karena ada rasa khawatir mengenai hal yang mungkin dapat di timbulkan oleh hujan di barengi hal lain ini, misalnya bencana alam.

Maka dari itu Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan kepada umatnya agar membaca doa saat hujan, tentunya hal ini bertujuan agar semua rasa cemas atau panik menjadi hilang. Doa ini juga dapat di artikan sebagai permohonan kepada Allah SWT agar hujan dapat menjadi sebuah berkah dan tidak menjadi sebuah bencana. Selain doa hujan Nabi Muhammad SAW juga pernah membaca doa ketika hujan terlampau deras.

Pada suatu ketika di kota Madinah sedang terjadi hujan besar yang membuat air menjadi meluap sehingga membanjiri pemukiman. Karena hal itulah lalu para sahabat memnita Rasulullah SAW untuk brdoa kepada Allah SWT, agar cuaca menjadi lebih cerah. Dan berikut ini adalah di doa yang di baca oleh Rasulullah SAW:

Doa Ketika Hujan Deras bahasa arab

Doa Ketika Hujan Deras arti

Selain doa di atas, anda juga dapat membaca doa di bawah ini:

doa ketika hujan lebat

Doa Ketika Hujan Berhenti

Doa hujan tentunya bukan hanya doa saat hujan saja, akan tetapi juga setelah hujan berhenti. Doa saat hujan berhenti ini dapat kita jadikan sebagai tanda rasa syukur kita kepada Allah SWT. Sesungguhnya waktu mustajab untuk membaca doa ini bukan hanya saat hujan sedang turun akan tetapi juga setelahnya. Berikut ini adalah doa yang dapat anda amalkan setelah hujan selesai turun:

doa ketika hujan reda

Zaid bin Ali meriwayatkan bahwa keika Nabi Muhammad SAW sedang melakukan sholat shubuh yang malamnya terjadi hujan deras. Sebelumnya Rasulullah SAW membaca doa dengan menghadap para jamaah. Setelah itu Nabi Muhamma SAW bersabda:

doa ketika hujan deras

Doa Ketika Hujan Dan Petir

Hujab seringkali akan dilengkapi dengan adanya kilat dan petir. Petir ini terjadi karena adanya gesekan loncatan elektron saat di udara. Petir ini biasanya akan terlihat seperti kilatan atau cahaya yang merambat di langit. Petir atau kilat ini biasanya akan menjadi sebuah rasa ketakutan tersendiri karena memiliki energi yang sangat besar.

Maka dari itu, selain adanya hujan deras yang dapat berbahaya, petir dan kilat juga mungkin saja dapat membahayakan. Akan tetapi tentunya kita tidak di perbolehkan untuk mencela adanya petir ini, karena petir merupakan ciptaan Allah SWT. Apabila anda mencela petir tentunya sama saja dengan mencela pencipta-Nya, yaitu Allah SWT.

Ikrimah pernah mengatakan Ibnu Abbas ra pernah mengucapkan doa di bawah ini ketika mendengan ada suara petir:

doa ketika hujan dan petir

Disebutkan juga dalam hadits yang disebut hadits hasan bahwa sesungguhnya yang namanya petir adalah malaikat yang sedang meneriaki atau mengatur hujan, hal ini dapat kita gambarkan seperti seorang penggembala yang sedang meneriaki atau mengatur hewan ternaknya.

Ada juga Abdullah bin Az Zubair yang apabla sedang terdengar petir maka dia berhenti berbicara, setelah itu mengucapkan:

doa ketika hujan mustajab

Keutamaan Membaca Doa Ketika Hujan Deras

Membaca oa sata sedang hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab utuk berdoa seperti yang ada dalam riwayat-riwayat nabi. Maka dari itu doa saat hujan ini menjadi salah satu doa yang tidak akan di tolak. Hal ini juga telah di jelaskan dalam hadits Sahl bin Sa’d, bahwa Nabi Muhammad SAW perhah bersabda:

kautamaan doa ketika hujan deras dan angin kencang

Ada juga hadits yang di dalamnya mengatakan bahwa kita di anjurkan untuk membaca doa ketika hujan sedang turun. Seperti yang ada dalam riwayat Nabi Muhammad SAW sebagai berikut ini:

keutamaan waktu mustajab berdoa ketika hujan

Berdasarkan hadits yang telah ada di atas tentunya kita dapat menyimpulkan bawha kita di wajibkan untuk membaca doa etika hujan. Karena memiliki manfaat yang sangat besar dan juga bisa sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini pula kita akan semakin diingakan bahwa semua hal yang terjadi di dunia ini hanyalah ada menurut izin Allah SWT.

Hujan yang ada tentunya tidak boleh untuk di cela, maka dari itu dengan memanjatkan doa akan meningkatkan pengetahuan kita mengenai manfaat doa yang di baca serya selalu mengharapkan pahala setiap kali hujan sedang turun. Dengan doa juga dapat meningkatkan keimanan kita karena mengingatkan kita bahwa Allah SWT itu adalah Maha Kuasa.

Amalan Ketika Hujan

Apabila anda telah memahami doa yang telah saya jelaskan di atas, maka selanjutnya anda akan mengetahui apa saja amalan yang dapat kita lakukan ketika hujan sedang turun. Berikut ini beberapa amalan yang dapat anda lakukan saat hujan turun:

1. Mengambil Berkah Dari Air Hujan

Nabi Muhammad SAW pernah mencontihkan bagaimana caranya untuk mengambil berkah ari air hujan. Yaitu dahulu saat Rasulullah SAW kehujanan, beliau menyikap bajunya sehingga air hujan mengenainya. Beliau pun menjelaskan mengenai ini dalam sabdanya:

amalan doa ketika hujan deras dan petir

2. Berwudhu Dengan Air Hujan

Air hujan ini termasuk air yang suci serta mensucikan. Maka dari itulah dapat di jadikan sebagai air untuk wudhu. Hal ini tentunya membuktikan bahwa Allah SWT telah memudahkan segala hal di dunia ini kepasa seluruh umat manusia. Rsulullah SAW pun pernah melakukan hal di bawah ini sepei yang dilihat oleh Yazid bin Al Hadi:

amalan doa ketika hujan angin dan petir

3. Tidak Boleh Mencela Hujan

Selain membawa bebagai macam kenikmatan serta manfaat ynag banyak, seringkali hujan juga membawa beberapa ke khawatiran bagi semua mahluk hidup. Hal ini tentunya di karenakan banyak hal lain yang ikut datang saat hujan. Namun kita tidak boleh satu kali pun untuk mencela adanya hujan ini walaupun kita sedang khawatir. Berikut ini firman Allah mengenai hal ini:

amalan doa ketika hujan

Video Doa Ketika Hujan

Demikianlah pembahasan yang telah kita lakuakn mengenai doa ketika hujan, setelah ini saya berharap kepada anda semua agar selalu mengamalkan doa ini ketika hujan sednag turun di sekitar anda.

Dan saya juga berpesan kepada anda semua agar selalu mengunjungi website doaseharihari apabila sedang mencari informasi mengenai doa sehari hari apa pun yang belum anda ketahui sebelumnya.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: