Doa Minum Air Zam Zam Beserta Tulisan Latin Dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Doa Minum Air Zam Zam – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo teman-teman, selamat datang kembali di doaseharihari, yang mana merupakan sebuah website yang didalamnya berisi pembahasan dari berbagai macam doa yang kita baca dalam kehidupan sehari-hari.

Dan dalam kesempatan kali ini saya akan meembahas tentang doa air zam zam, yang nntinya akan ada pembahasan tentang asal mulanya, doa minum air zam zam beserta tulisan latin dan artinya sesuai sunnah, kandungan, manfaat, dan cara meminum air zam zam yang baik dan benar. Selamat membaca.

Doa Minum Air Zam zam

Asal Mula Air Zam Zam

Semua umat muslim di dunia ini pasti sudah mengetahui tentang air zam zam. Air ini sering sekali dibawa sebagai oleh-oleh para jamaah haji ataupun umrah dari tanah suci.

Air ini muncul pertama kali karena adanya kegelisahan Siti Hajar dan Ismail, putranya, yang ditinggal oleh Nabi Ibrahim di padang yang tandus. Hal ini ada dalam Al Quran di surat Al Maidah ayat 37.

Karena telah kehabisan stok makanan, maka siti hajar berusaha untuk mencari makanan dan juga mencari apakah ada orang lain yang ada di padang itu.

Ia berlari ke bukit Marwah, lalu berlari ke bukit shafa, setelah itu ia kembali lagi ke bukit marwah. Siti Hajar bolak balik kedua bukit ini sebanyak 7 kali.

Dan apa yangtelah dilakukannya ini menjadi rukun haji yang wajib dilaksanakan oleh muslim yang sedang menjalankan ibadah haji. Ini dinamakan dengan sai.

Setelah bolak-balik dari bukit marwah dan bukit shafa, siti hajar mendengar perintah untuk melihat Ismail yang sedang menangis sambil menghentak-hentakan kakinya ke tanah.

Hentakan kaki Ismail ini ternyata mengeluarkan air yang banyak, kemudian Siti Hajar berkata “Zam zam”, yang artinya berkumpulah. Hingga air ini berkumpul dan dinamakan dengan zam zam.

Munculnya air ini lalu mengundang serombongan burung untuk menghampiri air ini. Melihat banyaknya burung ini, para kafilah ini pun menghampiri burung-burung yang beterbangan itu. Inilah secara ringkas asal mula air zam zam.

Setelah ribuan tahun, konon katanya air zam zam ini menjadi tertutup karena tidak ada lagi yang merawatnya, maka dari itu kakek Rasulullah SAW, Abdul muthalib, bernazar akan menggali lagi air zam zam ini apabila ia dikaruniai anak dan akan mengurbankan salah satu anaknya. Doanya ini ternyata dikabulkan Allah, dan ia memiliki 10 orang anak.

Kemudian Abdul muthalib melaksanakan nazarnya, akan tetapi ia bingung siapa anak yang akan dikorbankan, akhirnya ia mengundi nama anaknya, dan ternyata yang keluar adalah nama Abdullah, ayah Rasulullah SAW, yang merupakan putra bungsu yang sangat disayanginya. Setelah berkali-kali diundi, tapi tetap yang muncul adalah nama Abdullah, lalu ada yang mengusulkan agar Abdullah diundi dengan onta.

Setelah diundi lagi, dan tetap muncul nama Abdullah, maka Abdullah menambahkan jumlah onta yang dikurbankan menjadi 100 ekor.

Dan pada undian berikutnya akhirnya munculah nama onta yang akan dikurbankan. Akhirnya Abdul Muthalib menggali sumur itu dengan tidak mengorbankan anaknya sendiri. Karena sumur air zam zam ini digali, maka ini dinamakan dengan sumur gali atau Dug Water Well.

Akan tetapi ada pula riwayat yang menyebutkan bahwa Abdul muthalib ini menggali sumur zam zam karena adanya perintah yang ia dapatkan saat tertidur di Hijr Ismail, lalu ia melaksanakan perintah menggali sumur ini. Wallohu A’lam.

Tata Cara Dan Doa Minum Air Zam Zam Sesuai Sunnah

Gambar Doa Air Zam zam

Dalam islam semua hal telah diatur secara jelas, termasuk dalam tata cara meminum air zam zam. Berikut ini tata caranya:

Dahulukanlah dengan mengambil air menggunakan tangan kanan. Minumnya pun harus menggunakan tangan kanan sambil menghadap kearah kiblat.

Sebelum meminum harus membaca Basmalah kemudian bernafas sebanyak 3 kali sambil minum air zam zam hingga perut terasa kenyang. Lalu bacalah hamdalah. Setelah iti baru membaca niatnya, seperti yang berikut ini:

Doa Minum Air Zam zam

Nabi Muhammad SAW telah meriwayatkan bahwa kahasiat air zam zam ini tergantung kapada orang yang meminumnya. Lalu para ulama bersepakat bahwa doa yang dibaca setelah meminum air zam zam adalah doa yang mustajab. Sabda Rasulullah SAW:

Doa Minum Air Zam zam

Menurut Sufyan bin Uyainah, hadits diatas adalah shahih.

Lalu apakah sebenarnya ada doa khusus setelah minum air zam zam? Ada riwayat dari Ad Daruquthniy tentang doa yang dipraktekan oleh Ibnu Abbas. Berikut uni adalah doanya:

Doa Minum Air Zam zam

Kandungan Air Zam Zam

Untuk kandungan air zam zam ini sudah melalui berbagai penelitian, air ini memiliki 30 unsur dan tidak terdapat adanya campuran warna, aroma, kuman dan bakteri. Senyawa yang terkandung didalamnya antara lain:

  • Sodium sebanyak 250 mg.
  • Kalsium sebanyak 200 mg yang sangat baik untuk tulang dan gigi.
  • Pottasium sebanyak 20 mg dan magnesium sejumlah 50 mg.

Manfaat Air Zam Zam

Doa Minum Air Zam zam

Manfaat air zam zam sangat banyak, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Meregenerasi sel kulit yang mati.
  2. Melancarkan metabolisme tubuh.
  3. Mengobati berbagai macampenyakit.
  4. Pengabul doa yang mustajab.
  5. Tambahan energi untuk ibu hamil.
  6. Melancarkan peredaran darah.
  7. Menutrisi janin yang ada dalam kandungan.
  8. Memberikan rassa kebahagiaan.
  9. Sangat baik untuk tulang dan gigi.
  10. Menguatkan rahim saat sedang hamil.

Demikianlah pembahasan saya mengenai doa minum air zam zam, yang meliputi asal mula air zam zam, doa minum air zam zam beserta tulisan latin dan artinya sesuai sunnah, kandungan, manfaat, dan cara meminum air zam zam yang baik dan benar.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari tahu tentang doa minum air zam zam. Saya ingin berpesan satu hal, untuk seringlah mampir ke website doaseharihari. Terma kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: