Doa Sholat Dhuha Latin, Waktu, Keutamaan, Tuntunan Lengkap

Doa Sholat Dhuha – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo kawan-kawan berjumpa lagi dengan saya di doaseharihari, yang merupakan sebuah website yang didalamnya terdapat berbagai macam penjelasan tentang doa sehari-hari yang sering kita gunakan.

Dan dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang doa sholat dhuha, yang berupa niat, doa sesudah shalat dhuha beserta artinya, waktu shalat dhuha, keutamaannya, dan juga tuntunan atau tata cara melakukan sholat dhuha.

Sholat dhuha sendiri adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh seseorang yang muslim pada waktu dhuha. Waktu dhuha sendiri adalah waktu saat matahari mulai naik kurang lebihnya 7 hasta sejak terbitnya hingga waktu dzuhur tiba.

Jumlah rakaatnya yaitu minimal 2 rakaar dengan maksimal rakaatnya adalah 12 rakaat. Untuk lebih lengkapnya silahkan untuk lanjut membaca . Semoga bermanfaat untuk anda semua. Selamat membaca Doa Sholat Dhuha Latin, Waktu, Keutamaan, Tuntunan Lengkap Terbaru 2018.

Gambar Doa Shalat Dhuha
Gambar Doa Shalat Dhuha

Doa Sholat Dhuha

Gambar Doa Sholat Dhuha Latin
Gambar Doa Sholat Dhuha Latin

Niat Doa Sholat Dhuha

Gambar Niat Doa Sholat Dhuha
Gambar Niat Doa Sholat Dhuha

Diatas adalah niat sholat dhuha. Dan dalam latin adalah sebagai berikut ini.

“Ushalli sunnaata dluhaa rok’ataini mustaqbilal qiblatiadaaalillahitaala”

Yang artinya adalah sebagai berikut.

“Saya berniat shalat 2 rakaat menghadap kiblat karna Allah ta’ala”

Apabila anda menginginkan 4 rakaat sekaligus anda bisa mengubah bacaan niatnya menjadi 4 rakaat denganmenyebut arbaa’ta rok’ataini.

Waktu Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat yang kita lakukan di pagi hari setelah sholat shubuh, waktunya adalah setelah adanya matahari yang terlihat terbit dari sebelah timur sampai memasuku waktu dzuhur.

Sholat dhuha juga dibagi menjadi dua waktu yang berbeda. Pada waktu yang pertama adalah setelah matahari terlihat meninggi hingga setinggi tombak atau kurang lebihnya 15 menit setelah terbitnya matahari.

Lalu untuk waktu yang kedua yaitu waktu disaat matahari akan tergelincir menuju kebarat. Perkiraan waktunya yang diperbolehkan untuk memulai sholat dhuha adalah pada saat jam 6 pagi, akan tetapi beberapa ulama juga menetapkan jam 8, dan membatasi waktunya sampai jam 11 atau mendekati dzuhur.

Keutamaan Sholat Dhuha

Banyak sekali keutamaan yang ada di sholat dhuha yang sangat menguntungkan untuk kita sebagai seorang hamba. Berikut inilah beberapa keutamaan sholat dhuha yang telah saya ringkas.

  1. Praktis akan tetapi pahala yang didapat sama seperti sedekah. Hal ini telah diriwayatkan kedalam oleh Muslim, Abu dawud dan juga Ahmad dari Abu dzar yang berisi bahwa Rasulullah SAW bersabda “Hendaklah untuk masing-masing dari manusia untuk bersedekah untuk setiap ruas tulangnya sendiri pada setiap pagi.”
  2. Sebagai investasi amal cadangan. Kita semua tahu bahwa fungsi dari sholat sunnah adalah sebagai penyempurna sholat 5 waktu yang telah kita laksanakan. Kita juga tahu bahwa sholat 5 waktu yang telah kita laksanakan merupakan amalan yang pertama kali akan dihisap. Apabila sholat 5 waktu kita baik, maka perhitunganamalnya akan baik. Akan tetapi apabila amalan kita terhitung buruk, kita masih bisa menggunakan amalan dari sholat sunnah yang telah kita laksanakan.
  3. Keuntungan besar (Ghanimah). Ini merujuk pada pernyataan Rasulullah SAW saat menjelaskan apakah ada yang lebih utama dan lebih mudah didapatkan daripada mendapat kemenangan dan juga hasil rampasan yang didapat dalam perang. Raulullah SAW pun menjawab Shalat dhuha.
  4. Tercukupinya kebutuhan hidup. Ini dapat terjadi karena Allah SWT akan memberikan kelapangan rezeki bagi orang yang senang dan gemar untuk menunaikan sholat dhuha dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menjaga keimanan. Karena sholat dhuha bisa menjadi stabilitator untuk kondisi keimanan seorang muslim, karena perlu adanya ke intensifan dalam fluktuasi keimanan.
  6. Penghilang rasa stres. Apabila kita telah menunaikan sholat dhuha maka hati menjadi lebih plong dan juga stres akan senantiasa menghilang dari pikiran dan hati kita.
  7. Pahala seperti berumrah. Ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa jika kita telah sholat berjamaah lalu kita berdiam diri terlebih dahulu ditempat kita sholat sampai memasuki waktu sholat dhuha, kemudian kita sholat dhuha, maka bisa mendapatkan pahala seperti naik haji danjuga umrah.
  8. Akan dibangunkan rumah disurga. Hal ini terdapat di dalam Hadist Shahih al jami : 634,yang berisi bahwa barangsiapa yang sholat 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka dia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.

Manfaat Sholat Dhuha

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh selain keutamaan yang telah kita sebutkan tadi. Yaitu sebagai berikut.

  1. Olahraga yang tidak disadari. Para ahli mengatakan bahwa olahraga di pagi hari sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kita. Sama seperti sholat yang kita laksanakan pada pagi hari. Ini terjadi saat kita menggerakan persendian kita, dari tangan, siku, lutut sampai kaki kita sehingga dapat menjaga kesehatan tulang dan otot kita.
  2. Memperlancar peredaran darah. Saat melakukan sholat dhuha kita juga secara tidak sadar melakukan pergerakan yang memperlancar peredaran darah. Contohnya ketika kita sedang melakukan gerakan berdiri, pada saat itu pergerakan darah kita masih belum optimal, akan tetapi setelah kita melakukan gerakan sujud akan menjadi lebih lancar peredaran darah kita.
  3. Obat bagi penyakit dalam. Ini tentunya sudah melalui proses penelitian, bahwasanya ketika kita sholat dhuha, kondisi bumi sedang mulai panas. Dan kondisi inilah yang dapat mengurangi resiko penyakit dalam.
  4. Menjadikan wajah cantik dan berseri. Ini bisa terjadi ketika kita mengambil wudhu sebelum melakukan sholat dhuha. Air yang terkena kulit dapat masuk ke pori-pori kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang dan membuat wajah berseri.

Tata Cara Sholat Dhuha

  • Niat dan Rukunnya. Niat nya sendiri bisa kita ucapkan secara lisan ataupun dalam hati. Cara mengucapkannya berdasarkan madzhab dari imam syafi’i. Akan tetapi hal ini bergantung pada anda yang mengikuti madzhab yang mana.
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca doa iftitah dan disambung dengan surat Al fatihah. Untuk pembacaan surat sesudah surat Alfatihah bisa apa saja tersarah anda.
  • Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali. Setelah itu bangkit dari ruku’ dan selanjutnya i’tidal.
  • Lalu sujud yang pertama, setelah itu duduk diantara dua sujud kemudian membaca tasbih tiga kali, dilanjut dengan sujud kedua juga membacabacaan yang samaseperti sujud pertama.
  • Pada saat rakaat pertama selesai, lalu digenapkan dengan rakaat yangkedua sampai kita tasyhadud akhir dan diakhiri dengan melakukan salam.

Video Panduan Tata Cara Sholat Dhuha Yang Baik dan Benar Lengkap

Demikianlah pembahasan saya mengenai doa sholat dhuha, dari mulai menjelaskan tentang doa sholat dhuha sendiri, yang berupa niat, doa sesudah shalat dhuha beserta artinya, waktu shalat dhuha, keutamaannya, dan juga tuntunan atau tata cara melakukan sholat dhuha.

Semoga dapat membantu anda dan juga menambah ilmu anda mengenai doa sholat dhuha. Jangan lupa untuk mengunjungi website ini kembali untuk mencari tahu tentang semua doa sehari-hari. Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: