Shalat Hajat Pengertian, Tata Cara, Doa, Keutamaan dan Manfaat, Keajaiban, Waktu, Dalil Lengkap

Shalat Hajat – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hai teman-teman, bertemu lagi dengan saya di doaseharihari. Doaseharihari adalah suatu website yang dibuat dengan tujuan untuk membahas segala bacaan doa yang biasa kita baca dalam kehidupan sehari-hari beserta dengan keutamaan, manfaat, hingga semua hal lainnya yang berhubungan dengan doa yang dibahas.

Dan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang shalat hajat. Mulai dari pengertiannya, tata cara, niat ,doa, keutamaan dan manfaatnya, keajaibannya, waktu yang tepat dalam pelaksanaannya, bolehkah shalat hajat setiap hari dan juga dalil yang memperintahkannya.

Semoga dapat memberikan anda pengetahuan yang lebih tentang shalat ini. Saya berharap anda dapat membaca dengan seksama sehingga anda bisa lebih paham, nantinya saya juga akan memberikan beberapa video yang berhubungan dengan shalat tersebut. Selamat membaca.

Gambar Shala Hajat
Gambar Shala Hajat

Pengertian Shalat Hajat

Shalat Hajat adalah shalat sunnah yang dikerjakan apabila seseorang sedang memiliki suatu urusan atau hajat tertentu dan berharap pada Allah agar diberi kelancaran dn dapat dikabulkan oleh Alloh.

Hajat ini sendiri hubungannya bersifat langsung kepada Allah, akan tetapi ada juga hajat kepada sesama manusia. Yang hubungannya kepada Allah disebut dengan Hablimminalloh, sedangkan yang berhubungan dengan manusia disebut dengan Hablumminannas.

Setiap manusia pasti memiliki  kebutuhan dan juga keinginan untuk mencapai sesuatu, keinginan ini kebanyakan selalu ada dan sifatnya tidak terbatas, dari hal terkecil yang menyangkuttentang masalh pribadi, ataupun yang menyangkut tentang orang banyak.

Hajat tersebut pasti memiliki banyak rintangandan juga hambatan dalam langkah untuk mencapainya, maka dari itu dengan melakukan shalat hajat keinginan kita dapat dibantu oleh Allah sehingga akanlebih cepat untuk dikabulkan oleh Allah. Hajat yang kita inginkan tidak akan terkabul kecuali sudah mendapat kehendak dari Allah SWT.

Tata Cara Shalat Hajat

Untuk tata cara shalatnya sendiri tidak ada perbedaan dengan shalat yang lainnya, yang membedakan tentu saja adalah niatnya.

Sebelum melaksanakan shalat hajat, tentunya kita harus terbebas dari hadas kecil maupun hadas besar, badan suci, lalu pakaian yang kita pakai dan juga tempat yang akan kita gunakan untuk melaksanakanshalat ini haruslah benar-benar tidak ada najis, menutup aurat kita, dan menghadap kearah kiblat.

Jumlah rakaat yang paling sering digunakan adalah 2 rakaat. Akan tetapi, Imam Ghozali berpendapat bahwa shalat hajat bisa dilakukan sampai dengan 12 harakat.

Berikut ini adalah tata cara sholat hajat yang lengkap dan ringkas yang dapat anda praktekan.

1.Niat.

2. Takbiratul ihram, bisa dilakukan dengan berdiri apabila masih mampu, apabila sudah tidak mampu, diperbolehkan untuk duduk ataupun dengan berbaring..

3. Membaca Doa Iftitah.

4. Membaca Surat Al Fatihah.

5. Membaca surat Al Quran. Sebenarnya bolehuntuk membaca surat apapun, akan tetapi di dalam shalat ini sangat dianjurkan sekali untuk menggunakan surat Al Kaafirun sebanyak 3 kali.

6. Ruku’ dengan tuma’ninah.

7. I’tidal dengan tuma’ninah.

8. Sujud dengan Tuma’ninah.

9. Duduk diantara dua sujud.

10. Sujud yang kedua.

11. Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

12. Membaca Al Fatihah.

13. Membaca Surat Al Ikhlas, karena surat ini sangat dianjurkan.

14. Ruku’ dengan tuma’ninah.

15. I’tidal dengan tuma’ninah.

16. Sujud dengan Tuma’ninah.

17. Duduk diantara dua sujud.

18. Sujud yang kedua.

19. Tahiyyat akhir.

20. Salam.

Apabila kita perhatikan, sebenarnya tata cara shalat pada rakaat yang pertama maupun yang kedua sama saja, akan tetapi untuk rakaat yang kedua diakhiri dengan salam.

Jika kita sudah selesai shalat, kita bisa melanjutkannya denganberdoa, akan tetapi akan lebih baik lagi apabila kita berdzikir terlebih dahulu. Dan apabila setelah shalat lebih baik lagi apabila setelah shalat, kita bersujud lagi dengan maksud sebagai tadzallul atau sikap merendahkan diri dihadapan Allah SWT.

Saat kita melakukan sujud setelah shalat ini, kita membaca subhanalloh walhamdulillah walailahaillalloh wallohuakbar walahaula walaquwwata illabillahil aliyyiladzim. Kita bisa membaca ini sebanyak sepuluh kali.

Video Tata Cara Shalat Hajat

Untuk lebih memberikan gambaran kepada anda, saya tambahkan beberapa video tentang tata caranya.

Niat Shalat Hajat

Berikut ini adalah niat shalat hajat dengan disertai huruf latin dan juga artinya:

Gambar Niat Sholat Hajat Niat
Gambar Niat Sholat Hajat Niat

Doa Setelah Shalat Hajat

Setelah kita melaksanakan shalat, kita sangat dianjurkan untuk membaca doa. Dan dalam berdoa setelah shalat hajat memeiliki tata cara. Berikut ini adalahtata cara berdoanya.

1.Kita harus bertawassul. Setelah itu bacalah Al Fatihah untuk Rasulullah SAW beserta keluarganya, sahabat, ulama guru-guru, orang tua kita, dan juga untuk semua umat muslim.

2. Setelah itu bacalah surat Al ikhlas, Al Falaq, dan An Naas serta jangan lupa juga untuk membca ayat kursi agar doa kita semakin lengkap. Untuk masing-masing harus dibaca sebanyak 3 kali bacaan.

3. Lalu membaca doa, yang sebagai berikut.

Gambar Doa Sholat Hajat 1
Gambar Doa Sholat Hajat 1

Artinya adalah sebagai berikut:

Gambar Doa Sholat Hajat 2
Gambar Doa Sholat Hajat 2

4. Setelah melakukan ketiga hal diatas kita bisa menyampaikan apa hajat yang kita miliki kepada Allah, dengan kerendahan hati. Dan berdoalah dengan menggunakan bahasa sendiri saja.

Keutamaan Dan Manfaat Shalat Hajat

Keutamaan dan juga manfaat yang kita dapat setelah mengerjakan shalat ini pastinya sangat banyak dan juga berlimpah. Karena apabila ada seorang hamba yang dengan khusyk dan juga segenap hati meminta kepada Allah dengan sepenuh hati dan juga kerendahan hati maka akan dipermudah segala urusannya.

Ini terdapat dalam Hadits Riwayat Ahmad, yang isinya barangsiapa yang beibaa shalat lalu memohon kepada Allah, maka cepat atau lambat akan dikabulkan dan dibantu oleh Allah.

Keajaiban Shalat Hajat

  • Menghidupkan kembali keledai yang mati. Ada srbuah cerita yang diriwayatkan oleh Abu sirah. Ceritanya seperti ini. Ada seorang laki-laki yang menempuh perjalanan jauh dari negeri Yaman dengan menunggangi keledai. Dan didalam perjalanan keledainya mati. Setelah itu laki-laki tersebut langsung berwudhu dan sholat seraya memohon kepada Allah untuk menghidupkan kembali keledainya. Lalu seketika keledai itu hidup kembali.
  • Akan tercapainya segala hajat. Ini dapatterjadi karena apabila kita melaksanakan shalat hajat dengan tata cara yang benar akan menjadikannya setara dengan lailatul qadr.
  • Dikabulkannya permintaan kepada Utsman bin Affan. Ini diceritakan dalam Kitab Mu’jamu  Ash Soghfir wal kabiir yang menceritakan ada seorang pemuda yang memiliki permintaan kepada utsman bin affan, akan tetapi permintaan itu tidak dipenuhi oleh utsman bin affan. Akhirnya pemuda ini menemui utsman bin hunaif, dan ia disarankan untuk shalat dua rakaat, setelah itu pemuda ini menemui lagi utsman bin affan, dan kali ini permintaannya dikabulkan oleh utsman bin affan.

Video Keajaiban Shalat Hajat

Waktu Yang Tepat Untuk Melaksanakan Shalat Hajat

Waktu yang sangat tepat apabila anda ingin mengerjakan shalat ini adalah pada malam hari,terutama pada sepertengah malam, atau sepertiga malam.

Bolehkah Shalat Hajat Setiap Hari

Shalat hajat adalah shalat sunnah,maka dari itu diperbolehkan untuk dilakukan sesering mungkin, karena akan semakin banyak pahala yang akan kita dapat. Karena termasuk ibadah yang mutlak, maka boleh dilakukan dengan berapa rakaat pun. Terserah anda.

Dalil Shalat Hajat

Berikut ini beberapa dalilnya.

Gambar Shalat Hajat Dalil 1
Gambar Dalil 1
Gambar Shalat Hajat Dalil 2
Gambar Dalil 2
Gambar Shalat Hajat Dalil 3
Gambar Dalil 3
Gambar Shalat Hajat Dalil 4
Gambar Dalil 4
Gambar Shalat Hajat Dalil 5
Gambar Dalil 5
Gambar Shalat Hajat Dalil 6
Gambar Dalil 6

Demikianlah pembahasan saya mengenai shalat hajat secara mendalam. Mulai dari pengertiannya, tata cara, niat ,doa, keutamaan dan manfaatnya, keajaibannya, waktu yang tepat dalam pelaksanaannya, bolehkah shalat hajat setiap hari dan juga dalil yang memperintahkannya. Semoga dapat membantu anda agar dapat memahami lagi tentang shalat hajat ini. Dan saya ingatkan kepada anda untuk sering-sering mampir ke doaseharihari,karena dengan banyaknya silaturahmi yang anda lakukan pasti akan memberikan pahala yang berlimpah untuk anda. Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: