Shalat Istikharah Pengertian, Tata Cara, Doa, Waktu, Untuk Jodoh, Niat, Manfaat Dan Keutamaan Lengkap 2019

Shalat Istikharah – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang kembali di doaseharihari, sebuah website yang didalamnya membahas tentang berbagai macam doa yang kita baca dalam kehidupan sehari-hari.

Dan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang shalat istikharah. Baik itu mulai dari pengertian, tata cara, doa, waktu, sholat istikharah untuk jodoh, niat, manfaat serta keutamaannya.

Gambar Shalat Istikharah
Gambar Shalat Istikharah

Pengertian Shalat Istikharah

Shalat Istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan saat kita ingin meminta petunjuk tentang kebaikan kepada Allah SWT mengenai suatu hal didalam perkara yang mubah, yang tidakbisa diketahui.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi pernah menngatakan di dalam fiqih empat madzhab, yang isinya adalah disunnahkan bagi seorang muslim untuk mengerjakan istikharah dua rakaat apabila hendak menginginkan sesuatu hal.

Ada pula dalam Fiqih Manhaji yang menyebutkan bahwa disunahkan melakukan shalat ini bagi mereka yang menginginkan sesuatu, akan tetapi tidak mengetahui apakah sesuati ini baik atau tidak.

Tata Cara Shalat Istikharah

Istikharah bisa berupa shalat apa saja, ini menurut Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah. Baik shalat rawatib, tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lain.

Yang penting, setelah shalat ini hendaknya berdoa kepada Allah dengan meminta dipilihkan apa yang diinginkannya agar menjadi yang terbai. Ini sebagain doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Didalam hadits shahih bukhari pun ada, sebagai berikut:

Gambar Shalat Istikharah Hadits
Gambar Shalat Istikharah Hadits

Sebenarnya menurut Sayyid sabiq tidak ada bacaan khusus didalamnya. Setelah kita membaca Al Fatihah, kita dapat membaca surat apapun.

Akan tetapi ada juga menurut Syaih Wahbah az Zuhaili yang mengatakan bahwa pembacaan surat Al Kafirun itu disunnahkan setelah membaca Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan pembacaan surat Al Ikhlas pada rakaat yang kedua.

Berikut ini adalah Tata cara Shalat Istikharah secara ringkas:

  • Niat.
  • Takbiratul ihram lalu doa iftitah.
  • Membaca Al Fatihah.
  • Membaca salah satu surat dari Al Quran.
  • Ruku’ secara tuma’ninah.
  • I’tidal secara tuma’ninah.
  • Sujud secara tuma’ninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  • Berdiri lagi untuk rakaat kedua.
  • Membaca Al Fatihah.
  • Membaca surat Al Quran.
  • Ruku’ secara tuma’ninah.
  • I’tidal secara tuma’ninah.
  • Sujud secara tuma’ninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  • Salam.

Lalu untuk yang selanjutnya membaca doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Disunnahkan sebelum dan juga sesudah membaca doa, bacalah hamdalah serta shalawat nabi.

Doa Shalat Istikharah

Dibawah ini adalah doa yang diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah:

Gambar Doa Shalat Istikharah

Gambar Doa Shalat Istikharah

Waktu Shalat Istikharah

Gambar Waktu Shalat Istikharah
Gambar Waktu Shalat Istikharah

Untuk waktu pengerjaan shalat ini sendiri sebenarnya dapat dilaksanakan kapan saja, akan tetapi sangat dianjurakan pada waktu sepertiga malam terakhir.

Apabila seorang muslim memiliki sebuah keinginan atau pilihan hendaknya disunnahkan untuk mengerjakan shalat istikharah.

Shalat Istikharah Untuk Jodoh

Seperti yang sudah ada dalam pembahasan diatas, bahwa istikharah adalah shalat yang memiliki tujuan untuk meminta petunjuk tentang kebaikan kepada Allah dalam perkara yang kita sendiri tidak tahu apakah baik atautidaknya untuk kita.

Caranya dengan melakukan shalat, setelah itu berdoa sembari memohon agar diberi pilihan yang terbaik.

Bagaimana cara mengetahui bahwa istikharah bisa membimbing kita untuk memilih A atau B atau bukan keduanya? Sebenarnya ini sama sekali seperti prasangka kebanyakanorang yang selalu menghubungkannya dalam bentuk mimpi yang dikirim oleh Allah.

Sesungguhnya yang sebenarnya dari hasil istikharah adalah kemantapan hati yang kita peroleh. Yakni kemantapan hati kita untuk condong memilih siapa dan juga apa.

Apabila hati kita sudah mantap, maka itulah hasil dari istikharah yang sebenarnya. Dan perlu saya ingatkan bahwa hasil istikharah tidak hanya berupa sebuah mimpi.

Bahkan Imam An Nawawi, menjelaskan, “Setelah shalat istikharah, lantas seseorang haruslah menentukan apa yang terbaik untuk dirinya, disamping itu haruslah terlepas dari ego pribadinya, jadi jangan pernah memiliki perasaan bahwa inilah yang terbaik sebelum melakukan shalat istikharah. Karena apabila seperti ini sama saja seperti tidak melakukan istikharah dan kurang tawakkal kepada Allah.”

Syaikh Wahbah Az Zuhaili pernah bernasehat, apabila shalat yang pertama tidak mendapatkan petunjuk, maka harus mengulangi terus hingga sampai tujuh kali. Jadi sebenarnya shalat istikharah ini tidak memiliki batasan berapa kali.

Artinya apabila hariini melaksanakan dua rakaat dan besoknya melakukan dua rakaat lagi,maka hal ini tidak jadi suatu masalah. Justru akan semakin bagus dalam bentuk taqarrub kepada Allah dalam memohon pertolongan-Nya.

Niat Shalat Istikharah

Niat itu tempatnya didalam hati, adapun untuk niat shalat istikharah adalah sebagai berikut ini.

Gambar Niat Shalat Istikharah
Gambar Niat Shalat Istikharah

Gambar Arti Niat Shalat Istikharah

Manfaat Dan Keutamaan Shalat Istikharah

1. Menyerahkan Hasil Pada Allah SWT

Gambar Manfaat Shalat Istikharah

Dengan melaksanakan shalat ini kita akan benar-benar menyerahkan hasil yang paling terbaik kepada Allah SWT. Untuk itu saat kita sedang mengerjakannya harus benar- benar menginginkan ridho Allah.

Kadangkala manusia tidak mengerjakan shalat dan tidak memohon kepada-Nya akan tetapi memaksakan hasil yang diinginkan. Padahal dia sendiri belum tahu apakah ini baik atau tidak.

Tanpa disertai dengan bertawaqal seringkali manusia memaksakanapa yang diinginkannya. Tapi sebenarnya hal ini haruslah di barengi dengan bimbingan Allah, dan juga keterbukaan diri sendiri.

Untuk itulah istikharah dibutuhkan sebagai cara memilih dan juga sebagai pengendali emosi agar senantiasa berserah diri kepada Allah.

2. Menenangkan Diri

Istikharah juga sebagai penenang bagi diri. Ada kalanya saat kita sedang memiliki masalah dan harus memilih sesuatu, biasanya kita sering tergesa-gesa dan pikiran menjadi tidak jernih.

Untuk menentukan pilihan, hati kita harus benar-benar tenang. Karena pilihan yang baik berawal dari pikiran yang tenang dan jernih. Maka dari itu istikharah sangat penting untuk membuat diri menjadi tenang danlebih bijak saat akan memilih sesuatu.

3. Memberi Kemantapan Hati

Gambar Manfaat Shalat Istikharah

Istikharah ini sendiri tidak tiba-tiba langsung diberi pilihan oleh Allah. Ini berfungsi untuk memberikankemantapan hati atas pilihan yang akan dipilih. Maka dari itu harus dikerjakan tidak hanya sekali saja.

Dengan dilakukannya istikharah secara berkali-kali akan memberikan kita kemantapan hati yang lebih. Jawaban atas ini pun tidak selalu diberikan saat itu juga. Bisa datang kapan saja dan dimana saja serta bisa lewat apa saja.

4. Menjauhi Bisikan-Bisikan Setan

Dengan istikharah kita akan senantiasa menjauhi bisikan setan, biasanya saat kita punya masalah dan gundah hati, kita menjadi tidak tenang dan sering mengikuti kata Setan beserta godaannya yang membuat kita menjai melakukan hal-hal yang tidak seharusnya.

Seperti yang telah Allah sampaikan didalam Al Quran bahwa shalat itu menjauhkan diri kita dari perbuatan yang keji dan munkar, dan juga dari segala godaan dan bisikan setan.
5. Memilih Dengan Pertimbangan Agama

Gambar Manfaat Shalat Istikharah

Ayat tersebut telah menunjukkan bahwa seluruh alasan itu ada di tangan Allah. Untuk itu segala permohonan kita harus diserahkan kepada Allah SWT. Dalam ayat ini sendiri memiliki arti bahwa segala apa yang sedang kita kerjakan atau pilih, mempertimbangkannya dari segi agama sangatlah penting.

Jangan sampai umat islam meninggalkan pertimbangan agama saat memilih sesuatu. Karena bagaimana pun fungsi agama ini adalah sebagai petunjuk dan kebenaran yang digunakan sebagai rujukan utama dalam kehidupan sehari-hari. Agama haruslah dijadikn sebagai pondasinya.

6. Ikhlas Dan Lurus Hanya Pada Allah SWT

Gambar Manfaat Shalat Istikharah

Dengan istikharah maka kita akan berusaha ikhlas dan meluruskan niat serta pilihan hati pada Allah agar segala sesuatu yang sedang kita kerjaan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Jika kita bisa selalu ikhlas maka hidup kita akan senantiasa dimudahkan oleh Allah dan apabila memilii suatu masalah maka akan diberikan solusi yang terbaik.

Demikianlah pembahasan saya mengenai shalat istikharah yang berupa tentang pengertian, tata cara, doa, waktu, sholat istikharah untuk jodoh, niat, manfaat serta keutamaannya.

Semoga dapat membantu anda yang ingin lebih lagi dalam mempelajari tentang shalat ini. Dan jangan lupa untuk mampi lagi di doaseharihari. Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: